Pengertian dan Karakteristik Baju Batik Kontemporer

Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita familiar dengan batik. Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang dapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda sejak tahun 2009 lalu. Batik ini banyak ragamnya, salah satu yang populer belakangan ini adalah baju batik kontemporer.

Apa itu batik kontemporer, bagaimana karakteristiknya dan apa yang membuat batik jenis ini populer? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita simak ulasan berikut ini yuk!

Pengertian Baju Batik Kontemporer dan Karakteristiknya

Indonesia merupakan negara yang kaya. Bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga kaya dengan warisan budaya. Salah satunya adalah batik. Kepopuleran batik tak perlu lagi kita pertanyakan. Akibat kepopuleran inilah kemudian muncul motif-motif baru yang lebih segar dan sesuai dengan perkembangan zaman. Contohnya saja baju batik kontemporer.

Ternyata, bukan cuma musik dan seni rupa yang berjenis kontemporer ya, batik juga demikian. Lantas, apa itu batik kontemporer dan bagaimana karakteristiknya? Pertama, mari kita cari tahu apa makna kata kontemporer.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kontemporer merupakan kata sifat yang artinya adalah masa kini; masa sekarang. Sebagai kesatuan istilah, batik kontemporer merupakan jenis batik yang motifnya tidak  lagi terikat dengan aturan (pakem) tertentu.

Pilih produkmu disini ya –> produk paradise

Singkatnya, batik kontemporer merupakan versi lebih segar daripada batik motif klasik. Yakni jenis batik modern yang ragam motifnya fleskibel menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Baju batik kontemporer memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan baju batik klasik atau batik tradisional. Adapun karakteristik batik kontemporer adalah sebagai berikut.

Baju Batik Kontemporer

1.     Warna-Warna Cerah

Poin pertama yang membedakan batik klasik dengan batik kontemporer adalah kombinasi warnanya. Batik kontemporer selalu identik dengan warna yang cerah, berbanding terbalik dengan batik klasik yang cenderung memiliki perpaduan warna-warna gelap yang netral.

Mengapa batik kontemporer cenderung bewarna cerah? Kembali lagi pada pengertian batik kontemporer itu sendiri. Kombinasi warna cerah akan menghasilkan citra mewah, glamour dan juga fashionable. Hal ini turut menjadi alasan mengapa baju batik kontemporer populer bagi kahula muda.

2.     Mengandung Unsur Daerah yang Beragam

Ada hal yang unik dari batik, yakni memiliki ciri khas masing-masing tergantung dari mana ia berasal. Misalkan saja batik asal Pekalongan yang berbeda dengan batik asal Jogja. Mengapa ini terjadi? Karena dalam motif batik, selalu ada unsur daerah darimana batik itu berasal. Untuk batik klasik, ada aturan yang mengharuskan hanya ada satu unsur daerah yang boleh ada dalam motif batik.

Unsur ini merupakan ikon atau sesuatu yang khas dan sangat menggambarkan daerah asal batik tersebut. Bagaimana dengan batik kontemporer? Berbeda dengan batik klasik, pada batik kontemporer diizinkan memasukkan lebih dari satu unsur daerah sebagai motif batik.  Hal ini bertujuan agar batik tampak lebih variatif tanpa melupakan unsur daerah asalnya.

Baca Juga –> Baju Batik Eksklusif Wanita

3.     Motif Kontemporer Tidak Terikat dan Bebas

Seni kontemporer adalah jenis seni yang bebas, tidak terikat tetapi masih dalam konteks yang sesuai. Dalam hal ini, baju batik kontemporer merupakan jenis batik yang motifnya lebih bebas daripada batik klasik, dan tidak terikat oleh pakem kedaerahan tertentu. Batik kontemporer biasanya menggunakan motif-motif yang natural. Dapat berupa motif tumbuhan, hewan, alam maupun kombinasi ketiganya.

Karakteristik ini yang menjadi alasan mengapa baju batik kontemporer sangat populer, khususnya bagi kaum muda. Mengusung konsep yang lebih santai daripada batik klasik, tujuan daripada batik kontemporer adalah menjadi item fashion yang bisa dipakai oleh siapa saja tanpa batasan usia.

Memakai batik merupakan cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk melestarikan budaya. Dari sekarang, tidak ada salahnya untuk mulai membeli dan mengoleksi batik dari berbagai daerah Indonesia.

Salah satu toko batik yang populer di kawasan Jogja adalah Paradise Batik. Ini merupakan butik dengan koleksi batik kontemporer yang lengkap. Motif batiknya beragam dan juga unik, sehingga Anda tak akan kecewa dengan produknya. Kini, Paradise Batik telah hadir di berbagai kota berbeda, dan juga memiliki laman website yang mempermudah Anda untuk berbelanja baju batik kontemporer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top